SILABUS
Satuan Pendidikan : .....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mendengarkan 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio | 1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio | 1.1.1 Penyimpulan dialog interaktif | Ø Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif Ø Mendiskusikan pokok-pokok dialog Ø Menentukan tema dialog Ø Menyimpulkan isi dialog dengsn alasan yang logis | Ø Menentukan tema dialog interaktif Ø Menyimpulkan isi dialog interaktif dengan alasan yang logis | Tes tulis | 2 x 40’ | Media elektronik |
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/radio | 1.2.2 Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasinya | Ø Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif Ø Mendata tiap-tiap pendapat narasumber Ø Bertanya jawab mengenai pendapat narasumber Ø Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan. | Ø Mendata tiap-tiap pendapat narasumber Ø Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan | Tes tulis | 4 x 40’ | Media elektronik |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Berbicara 2.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan | 2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya seni dengan bahasa yang lugas dan santun | 2.1.1 Cara mengkritik karya dan implementasinya | Ø Mengamati karya seni/produk Ø Mendata kekurangan dan keunggulan karya seni/produk Ø Mendiskusikan kekurangan dan keunggulan karya seni Ø Mengamati pemodelan dalam mengkrritik dan memuji karya seni/produk Ø Mendiskusikan kelugasan bahasa dan kesantunan pengungkapan yang dilakukan oleh model Ø Mengkritik dan memuji karya seni/produk dengan bahasa yang lugas dan santun | Ø Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya Ø Mampu mengkritik dan memuji dengan bahasa yang lugas dan santun | observasi | 4 x 40’ | Karya seni atau produk buku teks |
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa denganmenggunakan kalimat yang jelas | 2.2.2 Pelaporan berbagai peristiwa | Ø Mencermati beberapa rangkaian peristiwa Ø Menentukan sistematika laporan peristiwa Ø Menentukan peristiwa yang terjadi di sekeliling yang akan dilaporkan Ø Menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar penyusunan kerangka laporan Ø Mendeskripsikan pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan Ø Melaporkan secara lisan peristiwa yang terjadi di lingkungan siswa dengan kalimat yang jelas | Ø Mampu mendeskripsikan peristiwa secara rinci Ø Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas | Tes tulis | 4 x 40’ | Karya seni atau produk buku teks |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Membaca 3.Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai | 3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif | 3.1.1 Cara membedakan fakta dan opini serta implementasinya | Ø Mengkliping satu iklan yang memuat fakta dan opini Ø Mencermati iklan Ø Mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam iklan Ø Mendiskusikan pengungkapan yang berupa fakta dan pengungkapan yang berupa opini dalam iklan Ø Membedakan fakta dan opini dalam teks iklan | Ø Mampu mendata fakta yang ada dalam teks Ø Mampu mendata opini yang ada dalam teks Ø Mampu membedakan fakta dan opini | Tes tulis | 2 x 40’ | Media cetak |
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai | 3.2.2 Cara menemukan informasi secara cepat dan implementasinya | Ø Membaca sekilas sebuah buku yang berindeks Ø Membaca indeks buku yang dibaca Ø Bertanya jawab secara kelompok untuk menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks secara tepat dan cepat Ø Menemukan informasi secara tepat dan cepat dari kata-kata yang dirujuk dalam indeks | Ø Mampu menemukan kata dalam buku yang dirujuk dalam indeks Ø Mampu menemukan informasi dengan panduan indeks | Observasi Tes tulis | 4 x 40’ | Stopwatch Buku yang berindeks Buku teks |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menulis 4.Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan. | 4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas | 4.1.1 Penulisan iklan baris | Ø Mencermati iklan baris Ø Membahas secara lengkap iklan baris Ø Mendiskusikan model-model penyingkatan dalam iklan baris Ø Menentukan objek yang akan diiklankan Ø Menulis iklan baris suatu objek dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas Ø Memperbaiki dan menyunting iklan baris | Ø Mampu menentukan objek yang akan diiklankan Ø Mampu menyingkat kata-kata sesuai dengan kebiasaan iklan baris Ø Mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas Ø Mampu menyunting iklan baris | Tes unjuk kerja | 4 x 40’ | Media cetak Buku teks |
4.2 Meresensi | 4.2.2 Cara meresensi buku pengetahuan dan implementasinya | Ø Menentukan buku pengetahuan yang akan dibaca Ø Mencermati dan membaca buku pengetahuan mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku Ø Berdiskusi untuk menentukan kelebihan dan kekurangan buku Ø Menyusun rangkuman isi buku Ø Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap buku Ø Meresensi buku Ø Menyunting buku | Ø Mampu mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku serta menunjukkan kelebihan serta kekurangannya Ø Mampu merangkum isi buku Ø Mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku Ø Mampu meresensi buku pengetahuan Ø Mampu menyunting resensi | Penugasan Portofolio | 6 x 40’ | Perpustakaan Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana | 4.3.2 Penyuntingan karangan | Ø Membaca teks karangan Ø Mendiskusikan teks untuk menandai kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana Ø Menentukan bentuk yang benar Ø Memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar | Ø Mampu menemukan kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana Ø Mampu memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana | Penugasan Portofolio | 6 x 40’ | Media cetak Buku teks |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mendengarkan 5.Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair | 5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan | 5.1.1 Cara menemukan tema dan pesan syair serta implementasinya | Ø Mendengarkan model pembacaan syair dari narasumber Ø Mendiskusikan tema dan pesan syair Ø Menyimpulkan tema syair Ø Menyimpulkan pesan syair | Ø Mampu menemukan tema syair berdasarkan inti pengungkapan syair Ø Mampu menangkap pesan syair dengan bukti yang meyakinkan | Tes tulis | 2 x 40’ | Buku teks Buku referensi Narasumber |
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan | 5.2.2 Penganalisisan unsur-unsur syair | Ø Mendengarkan beberapa pembacaan syair dari narasumber Ø Mengidentifikasi syarat-syarat syair Ø Menganalisis syair berdasarkan unsur-unsur syair | Ø Mampu menyimpulkan syarat-syarat syair Ø Mampu menganalisis syair yang diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur syair | Tes tulis | 2 x 40’ | Buku kumpulan syair Buku referensi Buku teks Narasumber |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Berbicara 6.Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain | 6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen | 6.1.1 Penceritaan cerpen | Ø Memilih cerpen yang disukai Ø Membaca cerpen Ø Mendiskusikan bagian-bagian alur Ø Mendiskusikan isi cerita yang merupakan bagian alur Ø Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengar alur aslinya | Ø Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur Ø Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya | Tes unjuk kerja | 4 x 40’ | Buku cetak Media cetak Perpustakaan |
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasikan dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima yang dibangun | 6.2.2 Musikalisasi puisi | Ø Mencermati beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi Ø Berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan Ø Menentukan suasana puisi lewat diskusi Ø Menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan Ø Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irima | Ø Mampu menentukan suasana puisi Ø Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi Ø Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun | Tes unjuk kerja | 6 x 40’ | Buku teks Buku puisi |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Membaca 7.Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen) | 7.1 Menemukan tema, latar, dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen | 7.1.1 Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasinya | Ø Membaca buku kumpulan cerpen Ø Berdiskusi untuk menentukantema, latar, dan penokohan dalam tiap-tiap cerpen Ø Menunjukkan keterkaitan antar unsur cerpen sebagai dasar pembulat cermatan makna cerpen secara utuh | Ø Mampu menyimpulkan tema cerpen Ø Mampu menemukan latar cerpen dengan bukti faktual Ø Mampu menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan | Penugasan | 4 x 40’ | Perpustakaan Buku teks |
7.2 Menganalisis nilai-nilai keidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen | 7.2.2 Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen | Ø Membacabuku kumpulan cerpen Ø Berdiskusi untuk menemukan nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam kumpulan cerpen Ø Membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa Ø Menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa | Ø Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan positif maupun negatif dlam kumpulan cerpen Ø Mampu membandingkan nilai kehidupan dlam cerpen dengan kehidupan siswa Ø Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa | penugasan | 4 x 40’ | Perpustakaan Buku kumpulan cerpen Buku teks |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menulis 8.Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek | 8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendekyang pernah dibaca | 8.1.1 Penulisan cerpen | Ø Membaca cerita pendek Ø Bertanya jawab untuk menentukan ide-ide pokok cerpen sesuai dengan alur cerpen Ø Mengembangkan ide-ide pokok dengan kalimat sendiri menjadi cerpen kembali Ø Menyunting cerpen yang sudah ditulis | Ø Mampu menentukan ide-ide pokok sesuai tahap-tahap alur dalam cerpen Ø Mampu mengembangkan ide-ide pokok menjadi cerpen Ø Mampu menyunting cerpen | Penugasan Portofolio | 4 x 40’ | Koran Buku teks |
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami | 8.2.2 penulisan cerpen | Ø Mendata peristiwa yang mengesankan yang pernah dialami Ø Memilih peristiwa yang paling mengesankan Ø Menentukan konflik cerita Ø Merangkai peristiwa menjadi alur/kerangka Ø Mengembangkan alur/kerangka cerita menjadi cerpen Ø Menyunting cerpen karya sendiri dan teman | Ø Mampu mendata peristiwa-peristiwa yang pernah dialami Ø Mampu menentukan konflik yang ada dalam peristiwa yang dipilih Ø Menentukan alur cerita Ø Mampu menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami Ø Mampu menyunting cerita pendek | Tes unjuk kerja Porto folio | 6 x 40’ | Pengalaman pribadi lingkungan Buku teks |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Nip : Nip :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar