Sabtu, 10 Desember 2011

ringkasan mata kuliah membaca

Membaca adalah Suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau tulisan.

Tujuan Membaca
mengajukan tujuh tujuan utama dalam membacayaitu: 
a. Memperoleh informasi untuk suatu tujuan atau merasa penasaran tentangsuatu topik
.b. Memperoleh berbagai petunjuk tentang cara melakukan suatu tugas bagipekerjaan atau kehidupan sehari-hari (misalnya, mengetahui cara kerja alat-alat rumah tangga).
 c. Berakting dalam sebuah drama, bermain
game,
menyelesaikan teka-teki. 
d. Berhubungan dengan teman-teman dengan surat-menyurat atau untukmemahami surat-surat bisnis. 
e. Mengetahui kapan dan di mana sesuatu akan terjadi atau apa yang tersedia
.f.Mengetahui apa yang sedang terjadi atau telah terjadi (sebagaimanadilaporkan dalam koran, majalah, laporan).g. Memperoleh kesenangan atau hiburan.
 
jenis-jenis membaca
a. Membaca Nyaring 
Membaca nyaring (membaca bersuara) adalah suatu kegiatan membaca yangmerupakan alat bagi pembaca bersama orang lain untuk menangkap isi yangberupa informasi bagi pengarang (Kamidjan, 1969:9).Tarigan(1985:22)berpendapat bahwa membaca nyaring adalah suatu kegiatan yang merupakanalat bagi guru, murid, ataupun pembaca bersama-sama dengan orang lain ataupendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran, dan perasaanseseorang pengarang. Jadi, membaca nyaring pada hakikatnya adalah proses melisankan  sebuah  tulisan dengan memperhatikan suara, intonasi, dan tekanan secara  tepat, yang diikuti    oleh   pemahaman  makna bacaan oleh pembaca.
b. Membaca Ekstensif 
Membaca ekstensif merupakan proses membaca yang dilakukan secara luas,bahan bacaan yang digunakan bermacam-macam dan waktu yang digunakancepat dan singkat. Tujuan membaca ekstensif adalah sekadar memahami isiyang penting dari bahan bacaan dengan waktu yang singkat dan cepat.Broughton(dalamTarigan,1985:31)menyebutkan bahwa yang termasukmembaca ekstensif adalah; 
1) membaca survey, 
2) membaca sekilas, 
3) membacadangkal.
 
c.Membaca Intensif 
Membaca intensif merupakan kegiatan membaca bacaan secara teliti dan seksama dengan tujuan memahaminya secara rinci. Membaca intensif merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan dan mengasah kemampuanmembaca secara kritis. Tarigan (1990:35) mengutip pendapat Brookmenyatakan bahwa, membaca intensif merupakan studi seksama, telaah teliti,serta pemahaman terinci terhadap suatu bacaan.Yang termasuk membaca intensif ini adalah membaca pemahaman.
Teknik Membaca
Keterampilan membaca yang perlu dilatihkan kepada siswa antara lain: latihanmembaca dengan kecepatan tertentu, latihan mengukur kecepatan membaca,latihan menempatkan secara tepat titik pandang mata, latihan memperluas jangkauan pandang mata. Berikut ini beberapa teknik membaca danpenjelasannya.
SQ3R
SQ3R dikemukakan oleh Francis P. Robinson (seorang guru besar psikologidari Ohio State University), tahun 1941. SQ3R merupakan proses membacayang terdiri dari lima langkah: 
a.Survey,
b.Question, 
c.Read,
d.Recite(Recall),
e.Review.
Membaca dengan metode SQ3R ini sangat baik untukkepentingan membaca secara intensif dan rasional. Berikut ini akan dibahassatu persatu tentang proses membaca dalam   SQ3R  tersebut.


Skimming 
merupakan tindakan untuk mengambil int sari atau sari pati dari suatu hal.
 
Skanning 
adalah suatu teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lain, jadi langsung ke masalah yang dicari, yaitu  fakta khusus dan informasi tertentu.
 
 
 
 

1 komentar:

  1. Gambling in Nigeria
    If you are an adult, you are likely to be familiar 강원 랜드 썰 with the online gambling industry. While it is one of the most 넥스트바카라 popular, its dafabet popularity has 사이트 추천 gained in recent sss 포커 years due

    BalasHapus